Senin, 31 Januari 2011

Asuransi Alat Berat dan Perkembangan dekade terakhir

P & I Insurance dan Dua alternatif premi

Dalam Perusahaan Pelayaran saat ini terdapat Dua macam asuransi kerugian laut yaitu

1. Asuransi Rangka Kapal
2. Asuransi Protection and Indemnity ( P&I)


P&I ( Protection and Indemnity Insurance) adalah Jaminan hukum terhadap tuntutan pihak ketiga kepada pemilik kapal dan pihak terkait lainnya dalam pengoperasian kapal tersebut, jaminan ini dibutuhkan karena jaminan dari Asuransi Marine Hull tidak memadai maka terbentuklah Club atau asosiasi dimana pendiri dan anggotanya adalah pemilik kapal itu sendiri, asosiasi ini menjamin para anggotanya atas resiko-resiko yang tidak dijamin dalam asuransi rangka kapal kini dikenal dengan nama Protection and Indemnity Association (P&I Club). Pada saat ini terdapat lebih kurang 30 P&I Club diseluruh dunia. yang merupakan International P&I Group atau Non-International Group berdasarkan "Fixed Premium Fasility"

Adapun yang dijaminan P&I
1. Jaminan terhadap dasar kontrak pengangkutan (contract of affreightment) dengan pemakai jasa angkutan (barang milik penumpang)
2. Jaminan terhadap kecelakaan anak buah kapal, kecelakaan pekerja-pekerja bongkar muat dan pekerja lainnya diatas kapal.
3. Jaminan terhadap kerugian sendiri atau hal milik pihak ketiga ( TPL)
4. Jaminan terhadap kemungkinan tuntutan dari Penguasa setempat dengan adanya peraturan yang harus ditaati.

Dalam perkembangan perlindungan P&I saat ini dimana seluruh pemilik kapal di Indonesia diwajibkan oleh instansi yang berwenang yaitu Departemen Perhubungan harus terlindungi dengan polis atau sertifikat yang dikeluarkan oleh Club, pada awalnya jaminan P&I hanya dijamin oleh P&I Club dimana premi bersifat mutual dengan penjelasan sebagai berikut :

1. Advance Call : premi dibayarkan pada awal penutupan oleh member pada saat disetujui oleh Club.
2. Jika premi advance yang terkumpul tidak mencukupi untuk menutup biaya operasional dan klaim maka para member akan ditambahkan biaya-biaya kontribusi premi begitupun sebaliknya
3. Apabila member tidak memperpanjang atau pindah club maka akan dikenalan biaya tambahan premi atau penalty atau disebut dengan Release Call

Adapun alternatif yang lain adalah Fixed Premium dimana premi yang harus dibayar berdasarkan kemampuan masing -masing tertanggung dan tidak dipengaruhi oleh rasio lainnya.

Basic Cover Fixed Premium

- Kewajiban pemindahan bangkai kapal (Compulsory removal of wreck)
- Tabrakan dengan kapal lain atau kerusakan terhadap kapal tanpa sentuhan
- Tanggung Jawab yang berlebihan akibat tubrukan dari nilai pertanggungan polis asuransi Marine Hull
- Kerusakan terhdap kapal tanpa sentuhan
- Pencemaran Lingkungan
- Tanggung Jawab pihak ke 3 terhadap meninggal atau cedera badan
- Denda dan hukuman terhadap kapal dan para perwira
- Biaya-biaya hukum

Kamis, 27 Januari 2011

Time-Based Competition dan Daya Saing Perusahaan Broker Asuransi di Indonesia

Dalam Dekade terakhir, banyak peneliti, banyak akademisi dan praktisi telah mengindentifikasi pola baru dalam persaingan. Setelah Richard D'aveni menulis buku tentang Hypercompetition, kita mulai sadar bahwa keunggulan bersaing akan mudah ditiru dan dihancurkan oleh pesaing.

Konsep tradisional mempertahankan keunggulan bersaing melalui proteksi menjadi tidak relevan. Konsep kapabilitas Dinamis yag menekankan kemampuan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan tantangan eksternal menjadi penentu sumber keunggulan bersaing yang berkesinambungan.

Dalam persaingan yang dinamis dan cendrung tidak bisa diprediksi, waktu (time) menjadi ukuran penting. pendekatan inilah yang dimaksud Time-based-competition.

Terdapat 2 dimensi waktu yang harus kita pahami : kecepatan dan ketepatan

lalu apa kaitannya dengan Perusahaan Broker Asuransi di Indonesia, kondisi perusahaan broker di Indonesia bisa dikategorikan berdasarkan awal keberadaannya

1. Perusahaan Broker tersebut berdiri karena mendukung Group Tertentu atau istilahnya adanya captive market

2. Perusahaan Broker Berdiri karena adanya kebutuhan akan akomodasi bisnis jangka pendek, akomodasi pejabat tertentu atau goongan tertentu

3. Perusahaan broker berdiri secara natural, adanya keinginan orang tertentu karena semangat wirausaha atau Pengusaha.
ung.

4. Perusahaan Broker Joint Venture ( Perusahaan Global)

Perusahaan broker dengan kategori 1 dan 2 mereka tidak perlu risau akan persaingan karena sudah ada proteksi karena keberadaan mereka hanya sebagai pelengkap dari bisnis yang ada agar brokerage yang diterima tidak lari ke perusahaan lain

Perusahaan broker untuk kategori 3 & 4 khusus untuk kategori 3 dituntut keras untuk melakukan pendekatan time based competion

Dalam hal kecepatan para pemain di pasar broker akan saling berlomba menjadi yang tercepat dalam segala hal. kecepatan berinovasi, mencari peluang baru pengembangan produk dan layanan baru, pemrosesan dokumen dan keputusan.

Pada perusahaan Broker asuransi indikator kecepatan ditentukan apakah suatu perusahaan mampu bersaing atau tidak. Pemendekatan waktu terjadi baik tingkat produksi maupun pelayanan kepada nasabah.

Selain proses produksi, persaingan berbasis kecepatan juga ditemui pada hubungan antara broker dan konsumen dimana dituntut meningkatkan atau efisiensi waktu dalam proses dokumen, menjawab keluhan dan administrasi, nasabah semakin membandingkan kecepatan pelayanan suatu perusahaan dengan perusahaan lain, sehingga masing-masing perusahaan semakin menjadi tercepat dalam pelayanan untuk mempertahankan konsumen dan mencari konsumen baru bagi jasa yang dihasilkan.

Selain dimensi kecepatan, ketepatan juga menjadi pertimbangan lain dalam T-B-C. Banyak penelitian dalam manajemen strategis yang menunjukan bahwa second follower jauh lebih menguntungkan dibanding dengan first mover. Dimana edukasi pasar biasanya membutuhkan biaya mahal untuk belanja adverstising dan sosialisasi, second follower dapat memperkuat positioning di benak konsumen karena masuk pasar tidak terpaut jauh waktunya dengan first mover.

Konsekwensi dari T-B-C bagi perusahaan broker asuransi di Indonesia adalah kecepatan dengan timing sebagai basis peningkatan daya saing antar perusahaan. Dalam persaingan yang sangat dinamis, produk,metode, strategi dan keunggulan bersaing akan mudah ditiru oleh perusahaan lain, kecuali dalam hal persiapan dan peningkatan sumber Daya manusia secara berkelanjutan dan inovasi adalah hal yang relevan terhadap menghadapi kompetisi bagi perusahaan yang keunggulan bersaing dengan proteksi tanpa harus meningkatkan T-B-C tinggal menunggu waktu dipaksa harus bersaing atau hilang bersama waktu.
Bersambung

Senin, 24 Januari 2011

Menikahi Putri Bill Gates

" Dimana langit dijunjung, disitu bumi dipijak" Pepatah minang ini sudah cukup tua. Namun maknanya sangat relevan dengan keadaan sekarang.
Untuk menjadi pengusaha atau karyawan yang sukses, anda dipersilahkan meninggalkan cara-cara berpikir dan mentalitas lama. Pasalnya anda sedang memasuki dunia yang baru, yag tidak mungkin dapat ditempuh dengan cara berpikir dan mentalitas lama, konsensional, konservatori, serta ala kadarnya.

Dunia para pengusaha membutuhkan cara berpikir dan mentalitas baru, sesuai dengan dunianya, tidak sedikit pengusaha baru berguguran bukan karena bisnisnya tidak bagus tapi disebabkan oleh ketidaksiapan sang pengusaha mengadopsi pola pikir pengusaha. Namu sebelum melangkah lebih jauh silahkan ikuti kisah menantu Bill Gates ini :

I. Si Pengusaha berbincang dengan putranya

Pengusaha : " saya mau kami menikah dengan gadis pilihan saya"
Putra : " Tidak saya hanya mau menikah dengan gadis pilihan saya"
Pengusaha : " Tapi gadis itu putrinya Bill Gates"
Putra : " oh kalau begitu saya setuju"

II. Kemudian si Pengusaha menemui Bill Gates

Pengusaha : " Saya punya calon suami untuk putri anda"
Bill Gates : " Wah putri saya terlalu kaya untuk menikah dengan orang biasa"
Pengusaha : " Tapi anak muda ini adalah wakil direktur Bank Dunia"
Bill Gates : " oh kalau begitu saya setuju"

III. Akhirnya si Pengusaha Pergi menemui President Direktur Bank Dunia (World Bank)

Pengusaha : " Saya punya anak muda yang cocok untuk jadi wakil direktur"
Presdir : " Maaf saya sudah memiliki cukup wakil direktur"
Pengusaha : " Tapi anak muda itu adalah menantunya Bill Gates!"
Presdir : " Oh, kalau begitu saya setuju"

Dan begitulah pola pikir pengusaha. kesimpulan Bisa menikah putri Bill Gates, sekaligus mendapatkan microsoftnya dan tidak ketinggalan menjadi petinggi bank Dunia, modal belakangan, kreativitas dan inovasi yang paling penting.

Rabu, 19 Januari 2011

7 tahun USIAMU

Waktu berlalu tanpa terasa kita telah melewati masa indah, masa suka cita dan masa duka cita semua berlalu menjadi kenangan yang menjadikan kita mengerti akan makna hidup ini, ananda telah menginjak usia 7 tahun harapan dan do'a ayah hanya bisa melihatmu tumbuh serta mendampingimu dan berkembang menjadi manusia seutuhnya, semakin ananda bertambah umur semakin nyatalah apa yang harus kita perjuangkan dalam hidup ini halangan dan rintangan adalah pertanda kita harus belajar banyak dari alam dan lingkungan, semoga ayah bisa melihatmu, merasakan dan mendampingi setiap langkahmu menjadi manusia yang tumbuh dengan kodratnya dan menjadi manusia seutuhnya.

Happy Birthday Kakak.......salam sayang untukmu

Minggu, 09 Januari 2011

PESTA DEMOKRASI ABAI

Alhamdulillah semoga semua senior dan sahabat-sahabatku di ABAI disiang ini dalam keadaan sehat wal’afiat, mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam berusaha, pertengahan November 2010 ABAI telah memilih ketua Umum yang baru.

Kepengurusan Ibu Mira Si"hati telah berhasil dan sukses, Demokrasi Musang adalah bakti serta pengabdian terakhir beliau yang harus kita jaga dengan baik bersama-sama.

Pesta telah selesai ketua Umum terbaru telah terpilih yaitu Bapak Nanan Ginanjar, CIIB, amanah yang beliau terima bukanlah pekerjaan yang mudah banyak tantangan dan tanggung jawab kedepannya telah menunggu.

Tantangan yang terberat adalah tantangan Eksternal yaitu sosialisasi keberadaan ABAI yaitu memperkuat peran anggota ABAI dalam memperjuangkan pentingnya peran perusahaan broker asuransi sebagai mitra dari nasabah dalam pemilihan produk asuransi maupun fungsi lainnya

Tantangan Internal adalah meningkatkan kualitas SDM para anggota dan profesionalitas anggota dalam menjalankan fungsinya.

Masukan, Saran dan Kritik membangun akan menjadi modal kuat bagi Kepengurusan yang baru utk terus melangkah dan memberikan yang terbaik untuk ABAI kedepannya. Visi dan Misi tentu harus mengayomi semua anggota ABAI.

Tentu kepada anggota yang aktif sudah saatnya nasib perusahaan kita ada ditangan kita sendiri, mari saling berjabatan tangan menyonsong hari depan yang lebih baik

Salam